Tips – Tips Dalam Merawat Laptop


Laptop adalah barang elektronik yang sangat sensitif bila tidak di jaga secara baik dan tidak melakukan perawatan dengan benar. Komponen Laptop juga sangat mahal di bandingkan dengan Komponen PC. Untuk menghindarkan anda agar tidak merogoh saku lebih dalam, maka anda sebaiknya memperhatikan Tips – Tips Dalam Merawat Laptop berikut ini.


01. Jangan memberikan sarung penutup di bawah permukaan laptop. Pemberian sarung penutup ini akan menyebabkan sirkulasi udara pada laptop terhambat, sehingga dapat mengakibatkan terjadinya overheat pada processor.


02. Hindarkan laptop dari getaran dan alat pengeras suara, seperti loudspeaker.

03. Jangan memindahkan Laptop pada saat sedang dalam kondisi hidup. Karena jika hal ini kalian lakukan maka dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder yang nantinya bisa berakibat fatal.

04. Jauhkan laptop dari medan magnet yang kuat, bahan cair dan sumber panas/dingin atau perubahan suhu yang ekstrim.


05. Untuk menghindari adanya tumpahan cairan pada laptop, maka gunakanlah selembar film transparan yang disebut ‘keyboard protector’.
 
06. Letakkan Laptop di tempat yang rata.

07. Banyak survei mengatakan, kerusakan laptop yang paling umum terjadi, adalah pada Harddisk dan LCD display nya. Kerusakan pada LCD sering diakibatakan oleh sinar matahari langsung dan tekanan fisik. Sedangkan, kerusakan pada Harddisk diakibatkan benturan atau terjatuh.
 

08. Berhati – hatilah dalam mendownload berbagai file / data di internet. Banyak file / data di internet yang terserang virus. Usahakan scan lah file / data tersebut sebelum men downloadnya agar virus tersebut tidak menyebar ke system Laptop kita yang mungkin bisa berakibat buruk pada Hardware Laptop.

09. Gunakanlah Surge Protector atau Stabilizer ketika menggunakan Laptop. Sebab, anda tau sendiri kan, kalau akhir – akhir ini listrik kita sering padam.
Gambar Surge Protector
10. Hindarkan laptop dari sinar x-ray di airport.

11. Simpanlah Laptop anda ke dalam tas Laptop ketika akan bepergian.
 

12. Jika ingin mengirim Laptop ke luar kota ataupun luar negeri, selalu gunakan box pelindung yang kuat, lalu bungkuslah Laptop dengan busa atau spon yang bisa menyerap getaran. 

13. Jangan meletakkan benda berat di atas Laptop kalian.
 

14. Jaga kebersihan laptop, lap dengan kain bersih atau kapas agar bebas debu.

15. Angkatlah Laptop pada bagian bawahnya (keyboard) ketika posisi Laptop dalam posisi terbuka. Jangan mengangkat pada bagian LCD / display.


16. Jika suatu ketika, Laptop anda mengalami masalah. Sebaiknya sesegera mungkin untuk membawanya ke teknisi handal atau ke Service Centre Laptop anda. Jangan berniat untuk memperbaiki Laptop anda sendiri ( kecuali jika kalian adalah seorang teknisi Laptop ). Karena bisa saja kerusakan Laptop anda menjadi lebih parah dari sebelumnya. Jika masih ada garansi (warranty seal). Gunakanlah garansi itu untuk memperbaiki Laptop.


17. Jangan mencolokkan kabel modem laptop pada PBX (private branch exchange) atau saluran telpon digital. Laptop hanya dapat menggunakan saluran PSTN (public-switched telephone network). Penggunaan saluran telpon selain PSTN dapat merusak modem laptop.

18. Lindungi modem laptop. Gunakan modem yang mempunyai fitur digital-line guard. Karena fitur ini akan menjaga modem dari kerusakan jika secara tidak sengaja mencolokkan kabel modem ke jack telpon digital PABX atau jalur ISDN. Dan berhati-hatilah ketika akan mencolokkan kabel telepon ke laptop karena kawat logam dalam konektor modem laptop sangat tipis dan mudah bengkok. 

19. Dalam iklim Asia, suhu yang lembab bisa jadi masalah besar untuk laptop yang dirancang di Amerika Serikat. Untuk mengurangi kemungkinan masalah, pastikan laptop tersimpan di tempat yang kering dan sejuk. Jika laptop tidak digunakan untuk waktu yang lama, simpanlah laptop dalam wadah yang rapat dan masukkan silica gel . Silica gel ini seperti halnya yang terdapat dalam botol obat, kemasan barang2 elektronik. Silica Gel juga bisa dibeli di toko bahan kimia. Silica gel ini merupakan bahan kimia yg bersifat Higroskopis (menyerap uap air / kelembaban).  
Gambar Silica Gel

20. Jagalah baterai laptop kalian agar tidak bocor. Karena jika bocor, akan mengakibatkan kerusakan pada slot baterai.
 
Saya rasa masih banyak tips - tips lain dalam merawat Laptop.. Saya harap komentar dan saran dari temen - temen... Bilang suka kalau suka n bilang jelek kalo jelek... Ok...

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 

Selamat Datang

Selamat datang di The476ks - saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali. Silakan berselancar di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel dunia hacking,crakking,software, news, cheat Point blank, ninja saga, dan lainnya semua ada disini. Ada banyak hal tentang kami, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik. Selengkapnya tentang kami

Sepintas Tentang Admin

Nama saya De Young Fand, saya yang membentuk blog ini yaitu the476ks yang nama lahir dari nama kota saya tinggal. Saya seorang designer, blogger, teknisi, gammer. Spesialisasi pada Blogger blogs, CSS, XHTML dan jQuery serta php Msql.

the476ks