Tips Memotret Di Malam Hari

Diantara kita mesti banyak yang sering mengalami kesulitan saat memotret di malam hari atau kekurangan cahaya agar menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik meski sekarang telah banyak kamera digital berkualitas dan kamera yang dikhususkan untuk ruang gelap. Ada beberapa hal yang perlu diperhatiin saat memotret di malam hari, yaitu :




1.Timing
 Jika kalian harus memotret di malam hari, ada baiknya kalo dilakukan pada waktu sesaat setelah matahari terbenam. Mengapa ?? karena pada saat ini, langit masih menyimpan pendaran cahaya yang cukup bagus. Ini akan berguna jika anda ingin menambah tekstur cahaya di foto kalian. Pertimbangkan juga pada saat bulan purnama. Dengan mengatur kecepatan rana yang tepat, kalian akan bisa menghasilkan foto bernuansa malam dengan kualitas yang indah.

2.Peralatan
Gunakan properti, seperti tripod. Jika memang tak mampu untuk membeli sebuah tripod, ada pertimbangan untuk menggunakan properti yang bisa ditemui di kehidupan sehari hari seperti meja dan beberapa benda lainnya yang memiliki ketahanan yang kokoh/ tidak mudah goyah.

3.Cuaca
Akan lebih baik jika kita memeriksa prakiraan cuaca agar bisa menghindari saat kita mengambil gambar tiba-tiba hujan turun dengan tak diharapkan, biarpun badai, petir dan awan cerah akan membuat subyek terlihat lebih keren tapi kita sendiri tak mau terkena sambaran petir kan ?? ^^. Set kecepatan rana pada B-Shutter speed atau shutter held open. Artinya shutter akan dipertahankan membuka selama waktu exposure hingga 1 detik. Disarankan juga untuk kalian agar membawa fixed local lens dengan kisaran dari 28 mm – 135 minimum. Dengan kamera terpasang ke tripod, atur juga ISO pada kualitas rendah (100 atau 200). Masih berhubungan dengan cuaca, perhatikan pula kondisi sekitar kalian. Hindari posisi di bawah pohon yang berpotensi roboh atau air hujan yang tiba-tiba serta angin.

4.Flash
Hindari penggunaan flash disisni !! Kalian dapat melakukannya dengan mudah jika membawa tripod atau jika kalian memiliki pasokan cahaya yang yang cukup untuk memfoto tanpa bantuan flash. Cahaya flash ini membuat subyek kalian terlihat tidak nyata, dan flash memantul dari jendela atau cermin yang masih dapat dilihat bahkan jika mereka jauh dari belakang.

5.Exposure dan Aperture 
Gunakanlah kecepatan shutter yang lamban untuk memungkinkan lebih banyak cahaya yang masuk untuk foto kalian. Secara umum, kalau kalian ingin exposure baik dari setengah detik atau lebih, tapi sebenarnya akan lebih baik jika memilih dengan exposure dua atau tiga detik. Sedangkan aperture, dengan lebih lamanya exposure, kalian harus menggunakan aperture yang lebih kecil untuk menghindari over exposing dari lampu stasioner dalam gambar. Sebaliknya, jika kalian memfoto dengan kecepatan shutter yang singkat, gunakan aperture yang lebih besar untuk menghindari noise dalam foto kalian nantinya.

6.ISO 
Secara umum, kalian mesti ingin kan menggunakan nomor ISO yang lebih tinggi untuk mengimbangi kekurangan cahaya pada gambar. Tetapi harus diingat, cek terus menerus hasil jepretan kalian, apakah ada tekstur kasar atau grainy di sana.

7.Matikan Fitur Anti-shake
Karena sebelumnya saya sudah menyarankan menggunakan tripod, maka fungsi anti-shake bisa dinonaktifkan saja. Kenapa ?? karena jika kamera sudah stabil, maka fungsi ini malah akan memberikan efek goyang yang otomatis ketika fungsi anti-shake ini berusaha melawan sesuatu yang sebenarnya tidak ada.

8.Perhatikan Keamanan
Inilah bagian terakhir tapi sangat, sangat penting untuk dilakukan ! Memotret diluar ruangan pada malam hari tentunya tidak aman daripada di siang hari atau pada saat didalam ruangan. Kalian harus hati-hati pada saat ada benda yang jatuh atau lebih jauh, amankanlah dari tangan tangan jahil. Membawa senter atau lampu penerangan dan asisten mungkin akan lebih baik. Anda akan lebih berkonsentrasi dalam berfotografi disaat asisten anda yang menjaga peralatan anda.

Hehehehehe ^w^ 
Naah sekian dulu tips fotografi kali ini.
Sebelumnya maaf kalau ada bahasa dan kata yang sulit dimengerti :D
Jangan lupa di comment ya.... 
Happy photography and enjoy it ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 

Selamat Datang

Selamat datang di The476ks - saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali. Silakan berselancar di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel dunia hacking,crakking,software, news, cheat Point blank, ninja saga, dan lainnya semua ada disini. Ada banyak hal tentang kami, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik. Selengkapnya tentang kami

Sepintas Tentang Admin

Nama saya De Young Fand, saya yang membentuk blog ini yaitu the476ks yang nama lahir dari nama kota saya tinggal. Saya seorang designer, blogger, teknisi, gammer. Spesialisasi pada Blogger blogs, CSS, XHTML dan jQuery serta php Msql.

the476ks