Pengenalan Web Server Dan Software Pengolah Data Web

Pada pembahasan artikel kali ini, kita akan membahas tentang Pengenalan Web Server dan software pengolah data web. Taukah anda tentang webserver ? Web Server adalah sebuah software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari client yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman - halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML (bisa juga PHP).


 
Ada berbagai macam webserver yang popular akhir – akhir ini. Diantaranya yaitu Apache, XAMPP, Sun Java System Web Server, dll. Berbagai kelebihan dimiliki oleh webserver diatas. Namun, mungkin bagi seorang pemula atau awam dalam bidang web, kelebihan ini akan menjadi sebuah kesulitan tersendiri apabila sang pengguna tidak mengetahui fungsi dari semua fitur – fitur yang ada pada web server tersebut. Untuk menyiasati hal ini, ada baiknya kita menggunakan web server yang bernama Uniform Server. Selain, ukurannya yang cukup kecil, kita juga diberikan kemudahan dalam melakukan management data pada web lokal (sebuah web yang belum di upload di internet).

Dalam pembahasan kali ini, kita juga akan membahas tentang software pengolah data web. Dalam kasus ini, saya memilih menggunakan Notepad ++ Portable, ketimbang Notepad biasa. Alasannya, karena fitur – fitur yang cukup lengkap yang ditawarkan oleh Notepad ++ Portable. Kalo begitu langsung saja kita masuk ke langkah pertama. Woke.... ???


WEB SERVER


LANGKAH PERTAMA : DOWNLOAD UNIFORM SERVER


Sebelum melanjutkan artikel kita ini, ada baiknya kita mendownload dulu Uniform Server dari internet. Untuk download, lakukan klik di sini. 
 Perlu diketahui, Uniform Server yang kita gunakan kali ini adalah bersifat gratis. Jadi jangan ragu – ragu ya, untuk mendownload. Hehehe…

LANGKAH KEDUA : BUAT FOLDER BARU DI DRIVE C


Pada Drive C, buat folder baru dengan nama latihanweb. Pembuatan folder ini bertujuan sebagai tempat untuk menyimpan hasil ekstrak dari Uniform Server yang akan saya jelaskan berikutnya. Mungkin teman – teman ada yang bertanya, Kenapa buat folder barunya di Drive C? Kok, bukan di Drive D. Jawabannya, karena Uniform Server merupakan mesin web yang bekerja dalam system komputer lokal. Jadi ia hanya bisa bekerja hanya pada Drive C.


LANGKAH KETIGA : EKSTRAK UNIFORM SERVER
Udah buat folder, kita langsung lanjutkan pengembaraan panjang kita dengan mengekstrak Uniform Server. Hehehe…. Lakukan Double Click pada Uniform Server, sesaat kemudian kotak dialog akan muncul. Ekstrak Uniform Server ke Drive C -> latihanweb

 Tunggu beberapa saat hingga adzan magrib berkumandang… hehehe.. Becanda.. Tunggu sebentar aja kok. Paling ga 30 detik udah selesai..OK… Kawan – kawan…


LANGKAH KEEMPAT : MENGETAHUI TEMPAT PENYIMPANAN DATA
Ini adalah sebuah hal yang simple tapi memiliki peranan yang amat besar. Karena, jika data web lokal anda disimpan di folder yang salah, maka secara otomatis, web lokal tersebut tidak akan muncul ketika ditayangkan pada browser. Sayang kan.. Kalo hasil web yang anda buat tidak bisa ditayangkan hanya karena masalah ini???  Nah, untuk mengetahuinya lakukan double click folder latihanweb -> Uniform Server -> udrive -> www.  




Di dalam folder www, buat lagi sebuah folder yang nantinya akan menjadi tempat penyimpanan data web lokal anda. (NB : nama folder sesuai dengan yang anda inginkan. Disini saya memberi nama folder menjadi  latihan).
 
LANGKAH KELIMA : CARA MENG-AKTIFKAN UNIFORM SERVER
Webserver tidak akan berguna jika tidak diaktifkan. Cara mengaktifkan Uniform Server yaitu double click folder latihanweb -> Uniform Server
 Di dalam folder Uniform Server, lakukan double klik pada Server_Start
 Kemudian, tunggu beberapa saat sampai browser muncul dan menampilkan halaman home dari Uniform Server, seperti ini...
 (Catatan : Kalo halaman ini ga muncul secara langsung, maka anda bisa mengisi address bar di browser dengan http://localhost/apanel)

LANGKAH KEENAM : CARA MEMBUKA PHP MYADMIN (DATABASE)
Setelah halaman home dari Uniform Server muncul, maka pilihlah menu phpMyAdmin pada Tools.


Kemudian, tunggu beberapa saat sampai browser menampilkan halaman seperti ini...


(Catatan : Kalo halaman ini ga muncul secara langsung, maka anda bisa mengisi address bar di browser dengan http://localhost/apanel/phpMyAdmin/)


LANGKAH KETUJUH : CARA MENONAKTIFKAN UNIFORM SERVER
Setelah webserver digunakan, ada baiknya kita melakukan penonaktifan pada Uniform Server... Langkahnya sebagai berikut... Double Click folder latihanweb -> Uniform Server.


 Di dalam folder Uniform Server, lakukan double klik pada Stop
 Kemudian, setelah beberapa saat, akan muncul kotak dialog seperti ini.... Tekan sembarang huruf untuk melanjutkan...
 Maka, secara otomatis Uniform Server akan menjadi nonaktif (Mati).

SOFTWARE PENGOLAH DATA WEB


LANGKAH PERTAMA : DOWNLOAD NOTEPAD ++ PORTABLE
Akhirnya, kita udah sampai di tempat pemberhentian  sementara. Hilangkan segala penat anda dan mulai melanjutkan tutorial ini.... Hehehe.... Langkah pertama pada segmen software pengolah data web adalah mendownload program Notepad ++ Portable. Untuk mendownload, klik disini.



LANGKAH KEDUA : MENGINSTALL NOTEPAD ++ PORTABLE
Menginstall Notepad ++ Portable sama saja dengan menginstall software – software lainnya. Tapi, biar lebih afdol, jadi sekalian aja saya jelasin.. Ok... Langkahnya.... Double Click pada icon Notepad ++ Portable dan lakukan proses penginstalan.


 Lanjutkan proses penginstalan dengan memilih Next dan Finish.


LANGKAH KETIGA : MENCOBA NOTEPAD ++ PORTABLE
Setelah proses instalasi berhasil, maka yang harus kita lakukan selanjutnya adalah mencoba Notepad ++ Portable. Langkahnya, klik ganda pada folder Notepad++Portable




kemudian pilih Notepad++Portable.exe


Tunggu beberapa saat, hingga muncul interface dari program Notepad ++ Portable...

Akhirnya, tutorial panjang ini telah sampai di bagian akhir. Komentar dan saran yang membangun amat saya butuhkan demi kemajuan di lain hari... Oke...

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 

Selamat Datang

Selamat datang di The476ks - saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali. Silakan berselancar di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel dunia hacking,crakking,software, news, cheat Point blank, ninja saga, dan lainnya semua ada disini. Ada banyak hal tentang kami, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik. Selengkapnya tentang kami

Sepintas Tentang Admin

Nama saya De Young Fand, saya yang membentuk blog ini yaitu the476ks yang nama lahir dari nama kota saya tinggal. Saya seorang designer, blogger, teknisi, gammer. Spesialisasi pada Blogger blogs, CSS, XHTML dan jQuery serta php Msql.

the476ks