Dasar Dasar Penggunaan Brush Photoshop Bagi Pemula

Ada berbagai cara untuk membuat sebuah design di Adobe Photoshop. Salah satunya yaitu dengan menggunakan brush custom. Dengan menggunakan brush custom, kita dapat membuat beragam bentuk unik secara cepat. Keuntungan lain dalam menggunakan brush custom,  terletak dari cara penggunaannya yang mudah dan juga banyak tersedia di internet secara gratis. Dalam tutorial ini, saya akan menjelaskan tentang cara pembuatan gambar dengan menggunakan brush custom.
Tutorial ini akan saya jelaskan secara detail, mulai
dari download brush di internet, load brush ke Adobe Photoshop, dan juga pengaturannya. Tapi, ga usah khawatir,,, tutorial ini sangat mudah kok untuk di aplikasikan. Bahkan nenek kita sekalipun bisa melakukannya.... hehehe... Kembali ke benang merah... Untuk menunjang tutorial ini, saya mengandalkan deviantart untuk mencari berbagai brush yang akan digunakan di tutorial ini. Kenapa menggunakan deviantart ? Karena deviantart merupakan salah satu sumber, yang menyediakan berbagai bahan untuk para designer. Untuk mempersingkat waktu,,, langsung saja kita masuk ke langkah pertama.Di kotak search pada deviantart, isikan brush yang ingin kita cari. Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan brush yang berbentuk bunga, dengan mengisi kotak search dengan kata floral brush. Dari hasil search, saya memilih satu brush yang tersedia.

Dari halaman brush,  kalian tinggal klik link download. Biasanya ekstensi brush ini berupa (.zip dan .rar) namun ada juga yang berekstensi (.abr).

Kemudian untuk brush yang kedua, saya menggunakan debris brush. Untuk mendapatkannya, kalian bisa melakukan hal yang sama ketika melakukan download floral brush. 
LANGKAH KEDUA : MULAI MENGGAMBAR DI ADOBE PHOTOSHOP
Buat file baru dengan ukuran 640 x 480 di Adobe Photoshop
 LANGKAH KETIGA :
Aktifkan tool brush, klik kiri di atas gambar. Klik panah kecil di pojok kanan atas dan pilih Load Brushes. Kemudian akan muncul kotak dialog dan pilih brush debris yang telah kita download sebelumnya (NB:jika file brush masih berekstensi .zip atau .rar maka ekstraklah file tersebut hingga menjadi berekstensi .abr).
 LANGKAH KEEMPAT :
Brush Debris akan ada di bagian bawah daftar brush. Pilih dan klik salah satu brush dan atur ukurannya.
 Kemudian, buat layer baru lalu klik gambar untuk membuat satu debris.

Permasalahan yang sering terjadi dengan penggunaan brush custom ini adalah akan terjadi kemiripan jika brush ini diulang – ulang secara terus menerus. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan panel brush (F5) lalu klik dan geser preview untuk memutar brush.
Dengan melakukan hal di atas, maka dapat menghasilkan gambar brush yang lebih bervariasi.
 LANGKAH KELIMA:
Setelah perjalanan sampai di bagian ini, pasti kalian akan merasa tidak puas dengan warna debris yang dihasilkan. Bagaimana ya cara mengubah warna itu? Apakah dengan melakukan klik berulang kali?????.... Kalo gini caranya, sampe lebaran kuda juga ga bakalan kelar coy... Hehehehe. J. Ada sebuah cara mudah dan simple untuk membuat gambar brush yang semula hitam ini menjadi berwarna yang kalian inginkan... Tapi sebelumnya kalian ubah dulu warna depan dengan warna yang kalian inginkan. Dalam tutorial ini, saya menggunakan warna hijau. Kemudian tekan SHIFT + ALT + DELETE untuk membuat warna gambar dengan warna depan.
LANGKAH KEENAM :
Pada bagian ini, kita akan melanjutkan dengan menambahkan floral brush..  (NB: Cara load floral brush sama dengan load Debris Brush.

 Lalu, lanjutkan gambar dengan seimajinatif kalian..
 LANGKAH KETUJUH : TAHAP FINISHING
 Langkah dasar untuk menggunakan brush sudah selesai. Namun, alangkah hampanya tutorial ini bila tidak ada tahap finishing di dalamnya... (Ceileh,, bahasanya dalam banget... J ).. Untuk itu marilah kita masuk pada tahap finishing.
Klik layer background  
 Dan kemudian pilih FILTER pada menu bar. Setelah itu pilih RENDER dan kemudian pilih lagi LIGHTING EFFECTS.
 Sesaat kemudian akan muncul kotak dialog.. Ganti Light Type menjadi Omni, dan sesuaikan besar lingkaran menyerupai dengan gambar. Jika sudah, tekan OK.
HASIL AKHIR
Inilah
hasil akhir dari tutorial pertama kita. Sebuah hasil yang lumayan bagus
yang hanya dibuat dalam 5 menit. Jika temen – temen punya pertanyaan
ataupun saran.. Langsung aja comment di bawah ini... Ok... Jangan lupa
di like ya... Hehehe 
Mau download file psd nya? klik disini, terima kasih, selamat mencoba,.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 

Selamat Datang

Selamat datang di The476ks - saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali. Silakan berselancar di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel dunia hacking,crakking,software, news, cheat Point blank, ninja saga, dan lainnya semua ada disini. Ada banyak hal tentang kami, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik. Selengkapnya tentang kami

Sepintas Tentang Admin

Nama saya De Young Fand, saya yang membentuk blog ini yaitu the476ks yang nama lahir dari nama kota saya tinggal. Saya seorang designer, blogger, teknisi, gammer. Spesialisasi pada Blogger blogs, CSS, XHTML dan jQuery serta php Msql.

the476ks