Membuat Gelas 3 Dimensi Dengan Menggunakan Efek Lathe

1
Hai sobat – sobat .. Seneng banget nih akhirnya saya bisa lagi memposting artikel ke blog ini.. Maaf ya… Soalnya, 2 mingguan ini kita lagi pada ujian semester… Mohon dimaklumi ya…
Senang kali ini kita akan membahas tema baru yaitu tentang 3D MAX, dimana kita dapat membuat sebuah bangun/ objek 3dimensi dengan menggunakan software 3DMAX. Pada bab pertama ini kita akan mencoba membuat sebuah Gelas dengan menggunakan efek Lathe..

Caranya sangat gampang dan mudah kok, tinggal ikuti saja langkah-langkah berikut..

1. Langkah Pertama

Buka program aplikasi 3D MAX..
maka akan muncul 4 tampilan viewport yaitu : Top, Front, Left dan Perspective. Kali ini kita gunakan tampilan front kmudian klik tool Min/Max Toggle untuk memperbesar tampilan.

clip_image004

2. Langkah Kedua

Kita buat rangka gelas dengan menggunakan sebuah garis..
Klik shapes >> line.. bentuk sesuai pada gambar kemudian temukan titik awal dan titik akhir maka akan muncul tulisan Close Spline >> Yes..

clip_image006



3. Langkah Ketiga

Atur Ulang / Modifikasi rangka agar terlihat lebih halus..
Klik modify kemudian pilih Vertex.. setelah itu letakkan kursor pada salah satu node/titik yang ingin di haluskan lalu klik kanan pilih Bezier Corner..

clip_image008



Gunakan titik hijau untuk mengatur bentuk objek. Gunakan Select and Move tool untuk menarik titik tersebut..

clip_image010



4. Langkah Keempat

Langkah berikutnya adalah pembentukan 3D..
klik modifier list kemudian pilih efek lathe, maka bentuk akan berubah menjadi 3D.

clip_image012



Bila sudah lanjutkan dengan mengklik tombol Y kemudian klik Min..
Ini berfungsiuntuk mengatur pembentukan objek secara vertical / horizontal

clip_image014

Setelah itu Gunakan Min/Max Toggle kemudian pilih perspective untuk melihat hasilnya..
Gunakan Arc Rotate untuk memutar objek sehingga kita dapat melihat lebih detil sudut-sudutnya..
Note : Permasalahan yang umumnya terjadi adalah seperti gambar berikut..

clip_image016

Hal ini dikarenakan proses Lathe yang tidak sempurna atau garis tengah yang tidak lurus. Dan cara tepat untuk mengantisipasinya adalah dengan mencentang pada Weld Core, maka otomatis garis-garis tersebut akan hilang. Nah, jika kita ingin melihat hasilnya, maka kita pilih menu Render untuk melihat hasilnya.. menu Render biasanya dilambangkan dengan gambar teko / ceret.
Inilah Hasil Akhirnya..

Selamat Mencoba.. !!!!

clip_image018

Nah, gimana sobat??.. Mudah bukan… silahkan dicoba dan beri pertanyaan atau komentar bagi sobat – sobat yang masih belum mengerti… Mohon maaf bila ada kesalahan ya sobat..

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 

Selamat Datang

Selamat datang di The476ks - saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali. Silakan berselancar di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel dunia hacking,crakking,software, news, cheat Point blank, ninja saga, dan lainnya semua ada disini. Ada banyak hal tentang kami, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik. Selengkapnya tentang kami

Sepintas Tentang Admin

Nama saya De Young Fand, saya yang membentuk blog ini yaitu the476ks yang nama lahir dari nama kota saya tinggal. Saya seorang designer, blogger, teknisi, gammer. Spesialisasi pada Blogger blogs, CSS, XHTML dan jQuery serta php Msql.

the476ks