Menjaga Baterai Agar Tidak Mudah Ngedrop

Laptop - laptop produksi tahun 2000 ke atas dibuat dengan desain menggunakan baterai berbahan lithium untuk menjaga baterai laptop tidak mudah ngedrop. Tujuannya adalah agar ketika kita sedang men-charge baterai, lalu penuh, proses charge dapat berhenti secara otomatis tanpa harus melepas dari aliran listrik. Tetapi pada laptop-laptop sebelumnya, baterai akan terus men-charge sampai kita mencabut dari aliran listrik.

Apakah jika kita membeli laptop keluaran tahun 2000 ke atas tersebut sudah cukup aman baterainya ? Tidak juga. Baterai juga bisa ngedrop apabila laptop dipakai dalam waktu yang cukup lama.  Baterai yang ngedrop tidak akan bisa kembali pada kondisi awal. Untuk itu, kita harus menjaga baterai jangan semakin ngedrop. 


- Langkah –langkah yang dapat dilakukan untuk dapat mencegah baterai tidak semakin ngedrop adalah sebagai berikut :

+ Saat baterai Anda penuh, segera-lah cabut charger-nya.
+ Usahakan laptop Anda dalam keadaan mati/ sedang tidak digunakan bila ingin men-charge  
   baterai
+ Usahakan mencharge ketika baterai laptop sudah benar-benar habis.
+ Menghemat pemakaian daya baterai.

Sebenarnya, kita bisa menyalakan laptop tanpa memakai baterai dengan cara memasangkan charger pada laptop dan menyimpan baterainya. Akan tetapi bila hal tersebut terus-menerus dilakukan dan baterai lama tidak menerima aliran listrik, komponen-komponen baterai bisa mem-beku. Kalau sudah begitu, baterai Anda sudah tidak bisa digunakan lagi.

Salah satu cara untuk menghemat pemakaian daya baterai adalah dengan mengatur Power Options pada Control Panel. Langkah- langkah nya adalah sebagai berikut :

1. Klik Start > Control Panel.
2. Pilih Power Options
3. Pada Bagian Power Schemes, terdapat beberapa pilihan seperti :

+ Max Battery, artinya memaksimalkan pemakaian daya baterai.
+ Presentation, artinya laptop bekerja cukup efektif, perubahan antar proses cepat sehingga mengakibatkan boros baterai.

4. Pilih salah satu Power Schemes dan atur seperti berikut ini,
5. Setelah itu, klik Apply > OK untuk menutup jendela aplikasi ini. Dan, selesailah langkah – langkah untuk mengatur Power Options pada Control Panel. 

Eits, tapi jangan buru2 ninggalin blog ini dulu.... masih ada banyak langkah – langkah dalam menghemat baterai laptop Anda.... Langkah – langkah lain diantaranya:

- Meredupkan Layar
Banyak laptop produksi tahun 2000 an ke atas memiliki fitur untuk meredupkan layarnya sehingga baterai menjadi tahan lama. Fitur ini walaupun simple,,, namun memberikan peranan yang besar lho pada baterai laptop Anda...

- Jangan Memproses Perintah Berlebihan
Buka beberapa aplikasi yang menurut anda penting saja. Jangan membuka terlalu banyak aplikasi. Hal ini akan mengakibatkan energi pada baterai laptop anda menjadi habis.


- Mengurangi penggunaan perangkat eksternal

Penggunaan perangkat eksternal yang berlebihan, seperti flashdisk dll, dapat menguras energi baterai laptop anda dengan cepat. Sebaiknya lepas atau bila perlu non aktifkan saja perangkat eksternal yang tidak terlalu perlu. Ok, sobat....

- Menjaga Slot Baterai Laptop Agar Tetap Bersih

Selalu membersihkan slot baterai laptop anda secara berkala dari kotoran dan debu. Bersihkan dengan menggunakan tissue kering atau lap dengan sedikit alkohol. Bersihkan dengan hati – hati..Ok.. Hal ini akan membuat alur / transfer daya dari baterai menjadi lebih efisien.

- Mendefrag Laptop atau Komputer Secara Berkala
Sebuah Drive yang bekerja dengan keras, padahal perintah kerja yang di perintah banyak, akan disimpan dalam drive dan baterai. Jika hal ini terus berlanjut, hal ini akan menjadikan baterai cepat habis dan lama – kelamaan bisa saja menjadi drop.

- Menjaga Suhu Laptop Agar Tetap Optimal
Selalu bersihkan ventilasi udara di dekat slot baterai, agar suhu pada slot baterai tersebut menjadi stabil. Anda dapat membersihkannya dengan lap kering.

Demikian adalah beberapa cara untuk menghemat baterai pada laptop. Semoga bermanfaat bagi Anda para pembaca. Sekian dan terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 

Selamat Datang

Selamat datang di The476ks - saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali. Silakan berselancar di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel dunia hacking,crakking,software, news, cheat Point blank, ninja saga, dan lainnya semua ada disini. Ada banyak hal tentang kami, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik. Selengkapnya tentang kami

Sepintas Tentang Admin

Nama saya De Young Fand, saya yang membentuk blog ini yaitu the476ks yang nama lahir dari nama kota saya tinggal. Saya seorang designer, blogger, teknisi, gammer. Spesialisasi pada Blogger blogs, CSS, XHTML dan jQuery serta php Msql.

the476ks