Membuat Running Text Pada Adobe Premiere Pro 1.5

Kali ini kita akan membahas tentang Video Editing..... Mungkin pada saat Anda menonton TV, pasti Anda pernah melihat teks kecil yang berjalan dibawah. Biasanya teks-teks tersebut berisi berita-berita seperti berita bola terbaru, bencana – bencana, dan kasus-kasus kriminal yang terjadi di kehidupan masyarakat.
Dan kali ini saya membuat artikel tentang cara membuat teks berjalan pada sebuah video atau yang lebih dikenal dengan istilah “Running Text”. Namun,, sebelum melanjutkan ke tahap yang lebih jauh... Ada baiknya Anda download dulu file sumbernya.... Klik disini...
- Langkah – langkah untuk membuat running text adalah :
Langkah pertama adalah kita harus menginstall program Adobe Premiere 1.5 . Setelah program tersebut terinstall, lalu masuk ke program Adobe Premiere 1.5, Kemudian kita pilih New Project pada tampilan pertama untuk membuka lembar kerja atau project baru.
Maka akan muncul kotak dialog New Project. Pada pilihan Load Preset, kita atur menjadi DV – PAL (Standard 32 kHz) dan beri nama project kita pada kolom Nama. Misalkan namanya “Running Text” dan selanjutnya klik OK.
Dan pada pilihan Custom Setting, kita atur pada bagian General seperti yang ada pada gambar 0.3. Selanjutnya simpan pengaturan tersebut dengan meng-klik Save Preset.





Maka akan muncul kotak dialog seperti gambar 0.4. Kita beri nama Running Text dan untuk kolom Description, Isi sesuai keinginan Anda. Lau klik OK.
Maka akan muncul halaman project Adobe Premiere 1.5 seperti gambar 5 berikut.





Setelah itu kita import salah satu file video dari komputer dengan cara klik Ctrl + I pada Keyboard atau Klik Menu “File”, kemudian pilih Import ... lalu ambil salah satu file video di komputer Anda . 





Dan, kemudian....
Setelah salah satu file video berhasil di import , masukkan video yang ada di bagian Project, kita drag ke kotak Timeline video 1 seperti gambar dibawah ini ... 
Lalu, klik kanan pada bagian Project yang kosong , Pilih New Item → Title ....




Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :
Setelah itu, pada pilihan Title Type, kita pilih type nya menjadi Crawl 





Pada ToolBox kita pilih Type Tool (T) , Lalu tuliskan kata yang ingin kita buat berjalan, misalnya www.multimediasmkn4.blogspot.com
Selanjutnya kita beri jarak menggunakan spasi berlawanan arah dengan arah teks tersebut dari huruf terakhir. Pastikan teks tersebut berada pada bagian gambar video paling kanan. Beri spasi sampai teks melewati dan berada dikiri gambar video.
Selanjutnya kita simpan Title tersebut dengan cara klik Ctrl + S pada keyboard. Kita simpan title tersebut dengan nama terserah Anda. Disini saya misalkan namanya “Title”, lalu klik Save.



Selanjutnya, close kotak Title tersebut, dan secara otomatis title tadi akan berada di dalam bagian Project. Title yang sudah ada didalam bagian Project tadi di drag ke dalam Timeline video 2, Sesuaikan dengan video 0.1 yang berada di Timeline Video 1.
Cepat lambat title/ teks yang berjalan tadi ditentukan oleh panjang pendeknya durasi title pada Timeline. Terakhir, Anda dapat mengekspor video tsb dengan cara klik File, pillih export; Movie.
Berikan nama “Running Text” pada kolom nama, lalu klik save. Selamat Mencoba... Ditunggu komentarnya ya...

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 

Selamat Datang

Selamat datang di The476ks - saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali. Silakan berselancar di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel dunia hacking,crakking,software, news, cheat Point blank, ninja saga, dan lainnya semua ada disini. Ada banyak hal tentang kami, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik. Selengkapnya tentang kami

Sepintas Tentang Admin

Nama saya De Young Fand, saya yang membentuk blog ini yaitu the476ks yang nama lahir dari nama kota saya tinggal. Saya seorang designer, blogger, teknisi, gammer. Spesialisasi pada Blogger blogs, CSS, XHTML dan jQuery serta php Msql.

the476ks